Sabtu, 01 November 2014
Indonesia (Bahasa Indonesia)English (United Kingdom)
Terrorisme
Penangkapan dan Handing Over Pratheepan Thavarajah
Kamis, 04 Januari 2007 20:53    PDF Print E-mail

Sejak 1999 Federal Bureau of Investigation (FBI) dan lembaga Penegak Hukum Amerika Serikat yang tergabung dalam Joint Terrorism Task Force (JTTF) telah melakukan investigasi terhadap orang maupun organisasi yang menyediakan peralatan bagi kelompok Liberation Tigers of Tamil Eelam (LTTE) atau Macan Elam Tamil. Salah seorang yang masuk dalam daftar pencarian FBI adalah Pratheepan Thavarajah, warga negara Sri Lanka, yang merupakan Kepala Pengadaan Macan Elam Tamil yang telah melakukan transaksi pembelian senjata dan peralatan dengan menggunakan email account di USA, seperti: military arms, unmanned aerial vehicle for jamming or radio and radar, submarine desidn, flight lessons, cell wavelength radio equipment, radio and satellite equipment, air traffic equipment, camera, computer and engineering publications. Disamping itu juga berusaha menyuap pejabat pemerintah AS agar LTTE) dikeluarkan dari daftar organisasi terorisme.

Selengkapnya...
 
Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme
Sabtu, 01 Oktober 2005 20:48    PDF Print E-mail

Kondisi Umum

Bom Bali kedua yang meledak pada tanggal 1 Oktober 2005 di tiga lokasi yaitu Raja’s Restaurant, Nyoman's Cafe dan Menega's Café telah menelan korban 22 orang meninggal dunia dan ratusan orang mengalami luka-luka. Peristiwa tersebut bertepatan dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak(BBM) yang menimbulkan pro dan kontra, sehingga hal tersebut dianggap sebagai upaya pemerintah untuk mengalihkan perhatian masyarakat terhadap kebijakan pemerintah menaikkan BBM. Meskipun dampaknya tidak sebesar peristiwa Bom Bali pertama, tetapi kejadian tersebut semakin meneguhkan stigma asing bahwa Indonesia bukan tempat yang aman bagi pariwisata dan investasi. Hal ini terlihat dari tidak tercapainya sasaran kunjungan wisata 2005 dan pertumbuhan investasi yang masih tetap bahkan cenderung menurun.

Selengkapnya...
 
Teroris Di Indonesia Dan Usaha-Usaha Yang Diambil Untuk Mengalahkan Masalah
Sabtu, 20 September 2003 20:35    PDF Print E-mail

Isu dari teroris global sudah menjadi hal penting sejak serangan teroris di Pusat Perdagangan Dunia AS dan Pentagon di September 11, 2001. Di dalam menanggapi serangan teroris itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang dipimpin oleh AS, sudah melaksanakan suatu kampanye untuk membawa semua negara-negara bersama-sama kepada teroris serangan balasan global yang adalah suatu ancaman keamanan dunia.

Selengkapnya...
 
Indonesia dan Terorisme Internasional
Sabtu, 12 Oktober 2002 20:43    PDF Print E-mail

Oleh Juwono Sudarsono

MALAPETAKA di Bali, yang merenggut lebih dari 180 jiwa pada 12 Oktober 2002, akhirnya menegaskan keberadaan kelompok teror di Indonesia yang terkait dengan terorisme internasional. Demikian pernyataan resmi Pemerintah Indonesia usai sidang kabinet pada Senin 14 Oktober yang lalu. Yang masih dalam penyelidikan aparat hukum dan keamanan adalah "kelompok teror di Indonesia" yang mana, dan bagaimana "kaitan"-nya dengan "terorisme internasional" yang mana.

Selengkapnya...
 
Upaya Memerangi Terorisme
Kamis, 01 Agustus 2002 20:39    PDF Print E-mail

A. Ringkasan Eksekutif
Sementara hukum draft di terorisme sedang dirumuskan, pelaksanaan hukum sudah diterapkan melalui Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Peraturan Pemerintah Indonesia itu sebagai pengganti Hukum dari Republik Indonesia nomor 1/2002; sebagai contoh, membom di Atrium Plaza yang terikat oleh suatu sambungan MalaysiaIndonesia Mujahidin Group. Membom kasus dibawa untuk meramahi dengan pemanfaatan, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Selengkapnya...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 2