Tuesday, 16 September 2014
Indonesia (Bahasa Indonesia)English (United Kingdom)
Kombes Krishna Murti, Anggota Polri Peraih Medali di PBB
Tuesday, 05 June 2012 09:35    PDF Print E-mail
There are no translations available.

Jakarta Sejumlah polisi yang bertugas di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendapatkan penghargaan dalam rangka memperingati Hari Internasional Pasukan Penjaga Perdamaian PBB (UN Peacekeeper Day). Salah satunya adalah Kombes Pol Krishna Murti.

Penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 29 Mei 2012 di markas PBB di New York, Amerika Serikat. Acara tersebut dihadiri oleh keluarga besar PBB dan beberapa negara anggota PBB.

Pada kesempatan ini untuk pertama kalinya wakil dari Indonesia, Kombes Polisi Krishna Murti menerima pemberian medali tersebut. Krishna Murti adalah anggota Polri pertama yang bertugas di Markas Besar PBB di New York sejak berdirinya PBB sampai dengan sekarang.

Saat ini Krishna menjabat sebagai Police Planning Officer (Pejabat Perencana Kepolisian) pada Kantor Divisi Kepolisian, Markas Besar PBB. Keberadaan anggota Polri pada Markas Besar PBB tersebut merupakan sebuah lompatan prestasi bagi Polri dalam berkompetisi dengan berbagai negara lain mendapatkan posisistrategis pada managemen pengelolaan misi di tingkat pusat.

"Medali ini tentunya bukan hanya penghargaan buat saya pribadi, tetapi ini saya persembahkan untuk negara Republik Indonesia dan Polri," ujar Krisha kepada detikcom melalui surat elektronik, Kamis (31/5/2012).

Menurut Krishna, kesempatan langka ini menjadi momentum yang baik bagi Indonesia khususnya Polri dalam memainkan peran strategis sebagai implementasi dari kebijakan Pemerintah Indonesia turut serta dalam perdamaian dunia sekaligus menjadi 'Global Player' pada misi perdamaian dunia tersebut.

Saat ini Polri telah berpartisipasi dalam berbagai misi perdamaian PBB seperti di Darfur Sudan, Sudan Selatan, dan Haiti. Sedangkan berbagai misi lain yang pernah diikuti oleh Polri sebelumnya antara lain di Namibia, Kamboja, Bosnia, Croatia, Kosovo, dan Afghanistan.

"Bahwa Polri saat ini sedang melakukan berbagai upaya pengembangan kontribusi pada misi perdamaian PBB di antaranya penyiapan 50 polwan yang akan dikirim ke berbagai misi PBB dan pasukan FPU (Form Police Unit) yang berada Di Darfur," paparnya.

Dalam perjalanan tugasnya, Krishna pernah ditugaskan di Bosnia pada tahun 1996-1997. Ia juga pernah menjadi Komandan Kontingen Garuda Bhayangkara pada UNAMID Mission di Darfur pada tahun 2008-2009.

Selain pasukan penjaga perdamaian PBB perwakilan Indonesia, ada 31 orang lainnya dari 21 negara anggota PBB yang mendapat medali serupa. Acara tersebut diselenggarakan secara khusus untuk mengenang 2.900 pasukan penjaga perdamaian yang telah tertumpah darahnya sejak tahun 1948, untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan.

Saat ini di seluruh 15 Misi Perdamaian yang digelar oleh PBB juga mengadakan acara untuk memperigati Hari Internasional Pasukan penjaga perdamaian PBB. Berbagai kegiatan dilaksanakan pada acara tersebut termasuk pemberian medali, upacara dengan berbagai mitra internasional maupun nasional, sumbangan kemanusiaan dan konsultasi kesehatan gratis juga melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan penjara juga dilakukan didaerah misi.

Berkaitan dengan kegiatan“Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB”tersebut, Markas Besar PBB melaksanakan kegiatan Upacara Pemberian MedaliKehormatan PBB kepada beberapa personil Militer maupun Polisi yang telah mendedikasikan dirinya bertugas di Markas Besar PBB New York. Adapun pemberian medali ini secara khusus dilakukan oleh Under Secretary General Department Peace Keeping Operation, Hervey Ladsous. (mei/mad)

(Sumber: www.detik.com)